Pengertian dan Kepanjangan SOP

Posted on

Pengertian dan Kepanjangan dari SOP adalah Standard Operating Procedure. Arti dari singkatan SOP ini adalah sekumpulan instruksi kerja yang tertulis, mendetil, yang menjelaskan siapa mengerjakan apa dan untuk tujuan apa.

Adapun tujuan pelaksanaan SOP adalah :

  • Untuk memudahkan individu mengerjakan tugas dengan hanya mengikuti petunjuk yang sudah ada.
  • Untuk mengetahui rincian tugas setiap posisi/jabatan.
  • Untuk mengetahui wewenang dan tanggung jawab setiap posisi/jabatan.
  • Untuk menghindari dan melindungi dari kesalahan, kelalaian, kegagalan dan kecelakaan kerja di dalam organisasi/perusahaan.
  • Untuk menghindari dan melindungi dari turunnya produktifitas, inefisiensi dan inefektifitas pekerjaan.

Salah satu contoh pelaksanaan SOP adalah staff A selama 4 tahun memiliki Job Desc untuk Rekrutmen dan Seleksi Karyawan, mengurus bagian pelatihan karyawan dan perjalanan dinas kemudian dipindahkan ke departemen lain dan posisi staff A diisi oleh staff B. Dengan adanya SOP di bagian HRD/SDM/Personalia ini maka staff B seharusnya lebih mudah dan cepat beradaptasi menjalankan pekerjaan yang ditinggalkan staff A.

Contoh lain adalah  staff C ditugaskan menangani Keuangan selama 4 tahun, karena berprestasi maka staff C dipromosikan ke jabatan lebih tinggi. Kemudian staff D menggantikan posisi yang ditinggalkan staff C, maka seharusnya dengan adanya SOP Keuangan staff D lebih mudah dan cepat beradaptasi.

Berikut ini kami tampilkan contoh gambar dan flowchart SOP :

Gambar, Flowchart SOPSilahkan klik tombol Like dan Share di bawah ini jika menurut Anda artikel ini bermanfaat.